POTENSI DESA


POTENSI DESA


Di desa Sendang ini memiliki cukup banyak potensi yang harus dikembangkan. Dimana kondisi kesuburan tanah pun cocok dalam melakukan proses bercocok tanam. Banyak sekali pohon pisang, dan tambak udang. Ada pula sebagian dari masyarakat yang menjadi peternak ayam petelur. Berikut beberapa potensi yang ada di desa Sendang.

          Pohon Pisang



Pohon pisang sangat banyak sekali di Desa Sendang, terutama terletak pada Dusun Duwak Paka’, terdapat beberapa jenis pisang yang ada disini meliupti pisang hijau, pisang rojo, dan kebanyakan masyarakat memanfaatkan buah pisang ini untuk dijadikan sebagai usaha kripik pisang. Sebagaian buah pisang yang ada di desa Sendang di ekspor keluar negeri. Dan kebanyakan dari masyarakatnya menjual daun pisang dan buah pisang mentah kepasar. Hanya ada satu industri rumah tangga yang mengelola pisang menjadi produk nilai tambah seperti kripik pisang dan sale pisang.

Tambak Udang



Tambak Udang yang ada Di Desa Sendang cukup banyak, kurang lebih terdiri dari 20 tambak udang. Tambak udang ini sudah di naungi oleh perusahaan. Udang yang ada di sini di jual secara mentah. Untuk merawat tambak udang tersebut tidak sedikit mengeluarkan uang, dimana masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi seperti membeli pakan udang, dan solar yang digunakan untuk mengatur air tambak tersebut. Para petambak ini biasanta memanen udang pada saat musim hujan mulai tiba. Sehingga saat mulai menambak kembali menunggu sekiranya musim kemarau telah terjadi. 

Pantai 



    Desa Sendang sendiri merupakan desa yang masuk kategori daerah pesisir dimana sebelah selatan dari Desa Sendang tersebut adalah selat Madura, sudah terlihat bahwa desa ini memang dekat dengan pantai, sebagaian mata pencaharian masyarakat adalah nelayan, jenis ikan yang biasa di cari masyarakat adalah ikan lorjuk, ikan asin, dan ikan- ikan lain yang sesuai dengan hasil tangkapan mereka. terdapat salah satu tempat yang digunakan untuk menjemur ikan asin, yang kemudian nanti selanjutnya dijual. Untuk bulan Juli – Agustus ini bertepatan dengan musim lorjuk, di pinggir-pinggir pantai setiap setelah selesai sholat ashar banyak warga yang berburu lorjuk. Selain digunakan untuk konsumsi sehari-hari, lorjuk ini juga digunakan sebagai makanan “Rengginang” yang nantinya akan dijual ke konsumen.
POTENSI DESA POTENSI DESA Reviewed by Kelompok KKN 47 on 2:12 AM Rating: 5

No comments