Sarana Dan Prasarana



Desa Sendang termasuk daerah pesisir yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pamekasan. Tata guna lahan Desa Sendang sebagian besar adalah wilayah pertanian, pegaraman dan tambak, pemukiman penduduk, pertokoan, sekolahan. Semua ini merupakan potensi bagi Desa Sendang untuk mengembangkan wilayah dan masyarakat ke arah kemajuan yang lebih berarti. Dari tata guna lahan yang ada yang paling dominan di Desa Sendang berupa pertanian dan tambak.
Desa Sendang adalah suatu daerah yang spesifik karena perbandingan antara daratan dengan perairan adalah lebih luas daerah daratannya. Daerah daratan hampir menguasai kurang lebih 85% dari luasan Desa Sendang. Daerah perairan tersebut berupa lahan garam rakyat dan sebagian besar adalah lahan pegaraman rakyat. Dari lahan tambak masyarakat tersebut sebagian besar hanya dimanfaatkan pada saat musim garam tiba.
Secara struktural Desa Sendang terdiri dari 3 dusun diantaranya Sendang Timur, Sendang Barat, dan Duwak Pakak yang memiliki 6 RT dan 3 RW  (3 Lingkungan), yang masing-masing dipimpin oleh Ketua RT dan Ketua RW (Kepala Lingkungan). Pemilihan ketua-ketua RT/RW berdasarkan hasil musyawarah mufakat oleh tokoh masyarakat yang selanjutnya ditetapkan oleh keputusan Kepala Desa yang menjabat. Berdasarkan data administrasi pemerintah desa, jumlah penduduk Desa Sendang yang tercatat secara administrasi sebanyak 978 jiwa dari 291 Kepala Keluarga (KK), dengan rincian penduduk berjenis kelamin laki-laki berjumlah 457 jiwa, sedangkan berjenis kelamin perempuan berjumlah 521 jiwa.

Setelah melakukan pengumpulan data, wawancara, serta survey lapangan selama pengabdian di Desa Sendang, sarana dan prasarana Desa dapat kita lihat sebagai berikut :
Sarana Dan Prasarana Sarana Dan Prasarana Reviewed by Vijay Abrori on 8:40 AM Rating: 5

No comments