Sejarah Desa

Sejarah Desa
Melupakan masa lalu adalah sama dengan mematikan masa depan bangsa. Kejadian yang terjadi di masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa atau kejadian sangat penting untuk diingat, karena merupakan langkah awal yang membentuk asal usul suatu tempat, salah satunya sejarah Desa Sendang. Tanpa sejarah ibarat menjalani kehidupan dengan buta.
Desa Sendang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Madura. Secara historis, Sendang merupakan nama lain dari “Telaga (Pemandian)” yang sumber airnya terletak di dalam pohon Siwalan dekat pohon Jambu Air yang besar. Disitulah Jokotole dengan rombongannya berteduh dan mandi, setelah lelah dalam perjalanan dari Pamekasan ke Sumenep. Sendang (Telaga) tersebut merupakan potensi besar bagi penduduk sekitar, karena disamping sebagai air minum juga dibuat pengairan pada tanaman tembakau.
Tahun 1965 Kepala Desa P. Saprawi (H. Syu’ieb (1960-1970)) pernah merenovasi Sendang (Telaga) tersebut, setahun kemudian bukannya tambah besar akan tetapi sumber airnya semakin hari semakin kecil. Akhirnya Sendang berair apabila musim tembakau tiba dan kering kembali bilamana musim penghujan, sehingga masyarakat memberi julukan Sumber Rejeki. Itulah asal mula nama Desa Sendang.
Sejarah Desa Sejarah Desa Reviewed by Vijay Abrori on 8:06 AM Rating: 5

No comments